3 Contoh Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality

Virtual reality
Created by omegacloud

Virtual Reality, sering dianggap sebagai kemajuan besar berikutnya dalam teknologi saat ini. Ini adalah jenis teknologi baru yang memungkinkan kita menikmati pengalaman dunia nyata dalam lingkungan virtual sepenuhnya, dibuat dan dikelola oleh pemrograman cerdas dan perangkat keras khusus. Sudah lama sejak awal penerapan teknologi ini dan bidang ini berkembang pesat.

Berkat kemajuan Virtual Reality dan teknologi terkait, kini kita dapat menikmati pengalaman VR yang lebih mendalam. Kekuatan VR kini juga digunakan secara aktif dalam banyak skenario.

Implementasi VR di kehidupan nyata

Ratusan sektor telah memanfaatkan gadget VR yang tersedia saat ini. Tentu saja gadget VR saat ini tidak bisa menawarkan virtualisasi 100%. Tapi mereka cukup menarik dan memberikan dampak besar di pasar.

Game

Bermain game di lingkungan virtual benar-benar merupakan salah satu cara paling menarik untuk menikmati VR. Faktanya, VR game adalah salah satu kekuatan utama yang mendorong pengembangan VR.

Selama beberapa tahun terakhir, VR di industri game mengalami kemajuan yang pesat. VR untuk gaming masih berkembang dengan pesat. Sudah ada banyak sekali game VR untuk komunitas game. Tentunya semuanya membutuhkan hardware khusus untuk memainkannya.

Misalnya, Beat Saber adalah salah satu yang paling populer. Dalam permainan ini, pemain harus menebang blok yang masuk dengan 2 lightsaber virtual. Ada warna yang berbeda pedang dan permainan memungkinkan Anda memilih sendiri.

Pelatihan/Training

Ini mungkin merupakan penggunaan VR yang paling penting. Alih-alih berlatih di dunia nyata, VR menawarkan cara baru untuk mempelajari hal-hal baru, mengalami skenario. Dengan efisiensi yang lebih tinggi, penghematan waktu, dan pengurangan biaya pelatihan, VR menawarkan cara baru untuk mempelajari keterampilan baru.

Memoles keterampilan seseorang memerlukan latihan tugas berulang kali. Semakin banyak seseorang berlatih dengan tugas tertentu, dia menjadi semakin efisien dan ahli. Namun, di dunia nyata, mempraktikkan tugas tertentu memerlukan biaya. VR menawarkan mitigasi terhadap biaya tersebut sambil membiarkan peserta pelatihan mengalami proses yang sama berulang kali.

VR sudah banyak digunakan untuk pelatihan akademis dan militer sejak lama. Misalnya, pelatihan VR militer mencakup simulasi penerbangan, simulasi kendaraan, kamp pelatihan virtual, pelatihan medis, dan pelatihan medan perang. Di bidang medis, VR digunakan untuk pelatihan bedah, tur anatomi visual, dan banyak lagi. Untuk mengemudi, mungkin tidak ada yang lebih berguna daripada VR. Daripada menjalankan mobil di lapangan dan menyebabkan kerusakan pada properti, peserta pelatihan dapat menghabiskan waktu mereka di dunia VR, mempelajari semua gerakan dasar dan lanjutan, lalu berlatih di dunia nyata.

Kreativitas

VR bukan hanya alat untuk  tugas membosankan di dunia. Seiring kemajuan pengembang dan perangkat keras, VR membuka lebih banyak cara untuk menikmati teknologi. Kemajuan ini juga mendorong cara-cara pemanfaatannya. Dalam dunia kreativitas, VR menawarkan cara yang mengubah cara kita memandang sesuatu.
Berkat kekuatan VR, kini  dapat mengembangkan kreativitas ke dunia virtual! Sudah ada beberapa alat menggambar VR terbaik di luar sana seperti Brush Google. Lewat VR penggunanya dapat mengubah imajinasi menjadi kenyataan di ruang virtual 3D.  

Dengan Teknologi VR tidak memerlukan pensil dan kertas tradisional dengan semua warna sesuai palet untuk membuat seni 3D favorit Anda. Seperti yang dikatakan Google, ini adalah perspektif baru dalam melukis!

VR juga mengubah perspektif menikmati musik! Ingat Beat Saber? Ini adalah perpaduan yang bagus antara “memotong dan mengiris” 3D dengan semua musik favorit Anda. Ada juga beberapa video musik terbaik di luar sana yang memanfaatkan kekuatan VR untuk mengubah cara pendengar menikmati musik.

Salah satu musik VR favorit saya adalah Life Support oleh Taryn Southern. Belum lagi dia salah satu pengguna pertama VR.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *