Kecerdasan Buatan atau yang dikenal juga dengan AI adalah salah satu topik pembicaraan paling menarik di berbagai bidang. Setiap industri terkena dampak kemajuan teknologi dan rodanya sedang bergerak menuju perubahan yang tidak dapat diubah. Berikut artikel ini akan membahas industri yang paling terkena dampak teknologi AI
Pertanian
Robotika untuk memantau tanaman dan tanah adalah beberapa teknologi Ai yang populer di industri pertanian. Jurusan pertanian sedang mengembangkan robot otonom yang diprogram untuk menangani tugas-tugas rutin pertanian seperti memanen tanaman dengan volume yang lebih tinggi daripada tenaga kerja manusia.
AI digunakan dalam pemantauan tanaman dan tanah dengan menggunakan visi komputer dan algoritma pembelajaran mendalam untuk memproses data yang ditangkap oleh drone dan/atau teknologi berbasis perangkat lunak untuk memantau kesehatan tanaman dan tanah. Analisis Prediktif yang digerakkan oleh model pembelajaran mesin sedang dikembangkan untuk melacak dan memprediksi dampak terhadap hasil panen yang dihadapi oleh perubahan cuaca yang tidak menentu.
Dukungan Teknis
Salah satu industri yang mengadopsi teknologi AI adalah industri jasa karena mereka mengintegrasikan chatbot asisten suara yang didukung oleh AI. Asisten suara yang didukung I menjawab pertanyaan sederhana yang diarahkan ke meja bantuan layanan, seperti menjawab tentang jam kerja, atau menentukan kapan teknisi akan tiba.
Bot yang didukung AI memiliki banyak potensi bagi perusahaan untuk menghubungkan asisten suara ke perangkat lunak perusahaan yang memiliki beberapa kemampuan seperti menawarkan slot janji temu secara otomatis, mesin pengoptimalan penjadwalan, dan diagnostik layanan mandiri.
Call center
Call center menyaksikan perubahan revolusioner dalam industri ini dengan berkembangnya bot dan pesan otomatis, yang sering dianggap sebagai salah satu industri yang akan segera punah karena AI. Call center adalah penghubung penting antara bisnis dan pelanggan untuk layanan pelanggan dan penawaran produk.
Perangkat lunak AI telah dikembangkan untuk mendengarkan dan menganalisis perilaku pelanggan guna meningkatkan pengalaman mereka. Panggilan otomatis yang didorong oleh bot dan chatbot dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di masa depan dan bahkan mungkin diprogram untuk meredakan situasi jika pelanggan merasa kesal.
Energi dan Pertambangan
AI dapat diterapkan pada jaringan listrik pintar agar lebih efisien dalam menyalurkan energi, dan memprediksi kapan baterai dan peralatan lainnya akan rusak. Dengan penerapan AI, ekstraksi energi akan jauh lebih mudah dan ekonomis.
Para pemimpin bisnis besar sudah berharap untuk mengoptimalkan aliran dan konsumsi listrik dengan AI. Dalam salah satu laporan, terlihat bahwa kemajuan AI dalam industri energi dan pertambangan akan menghemat sekitar $200 miliar di seluruh dunia.
Kesehatan
Dalam industri perawatan kesehatan, kemungkinan penggunaan teknologi AI tidak terbatas. Chatbots dapat membantu pasien dalam membantu diagnosis kesehatan dan meresepkan obat. Saat ini, industri perawatan kesehatan menggunakan AI untuk memprediksi penyakit, mengotomatisasi tes diagnostik, mengidentifikasi kelompok pasien berisiko tinggi, dan untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan pengobatan.
Perkembangan AI akan terus memberikan manfaat bagi industri dalam perawatan prediktif, analisis DNA, dan peningkatan formulasi obat yang secara positif akan meningkatkan kesehatan manusia.
Transportasi
Bidang transportasi menggunakan AI dalam tugas-tugas penting yang mencakup bus otonom yang membawa penumpang di Finlandia, Singapura, dan Tiongkok, truk otonom di San Francisco, dan transportasi kargo kereta api.
Terdapat potensi besar dalam industri transportasi karena tantangan besar seperti keandalan, pencemaran lingkungan, keselamatan, masalah kapasitas dan emisi energi.