Menjalankan bisnis saat ini tidak lagi sama seperti dulu. Banyak tugas rutin kini dapat diselesaikan bahkan dilakukan secara digital. Sulit membayangkan perusahaan sukses yang tidak menggunakan teknologi dalam beberapa hal.
Teknologi bisnis adalah metode pengorganisasian dan koordinasi manajemen teknologi di seluruh organisasi. Ini adalah kombinasi strategi manajemen, alat, struktur organisasi, dan tata kelola teknologi yang bertujuan untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi di seluruh perusahaan dioptimalkan dengan tujuan utama memenuhi permintaan dan harapan pelanggan.
Sebagian besar perusahaan menyadari bahwa mereka harus terus-menerus menantang tidak hanya pesaing mereka tetapi juga diri mereka sendiri untuk meningkatkan persepsi konsumen dan kapasitas mereka untuk memenuhi permintaan pasar.
Jenis Umum Teknologi Bisnis
Berikut adalah daftar jenis teknologi bisnis yang paling umum untuk membantu beralih dari praktik tradisional ke teknik modern:
Komputer
Komputer digunakan di berbagai perusahaan. Mereka memiliki perangkat lunak yang memungkinkan mereka menjalankan berbagai tugas seperti menganalisis informasi keuangan, mengirim dan menerima email, dan merancang presentasi penjualan. Komputer tersedia sebagai komputer desktop atau laptop portabel untuk digunakan di kantor atau saat bepergian.
Jaringan
Jaringan adalah metode berinteraksi dengan sekelompok orang untuk berbagi informasi dan dokumen, menyimpan data, dan mengirim email. Teknologi jaringan Ini juga dapat berbagi perangkat penyimpanan dari PC dan juga printer, sehingga dapat membantu mempemudah dalam bebisnis.m
Suatu jaringan mungkin terbatas pada komputer dalam satu kantor atau terhubung ke beberapa kantor. Bisnis membutuhkan jaringan karena memungkinkan mereka menjalin kontak dengan pihak lain di sektor yang terhubung untuk menemukan klien dan mitra baru, serta melakukan ekspansi.
Komunikasi Telepon
Membangun hubungan komersial memerlukan komunikasi yang efektif. Hasilnya, bisnis terhubung dengan pelanggan dan organisasi melalui sistem telepon. Hal ini memungkinkan transaksi yang cepat, efisien, dan pribadi dengan pelanggan. Layanan pelanggan yang baik dan komunikasi yang efektif dengan staf Anda akan membantu perusahaan Anda mengembangkan reputasi yang kuat dan berkembang dalam jangka panjang. Saat ini sudah tersedia sistem telepon komersial memiliki fungus dalam membantu memenuhi kebutuhan perusahaan.
Sistem akuntansi
Sistem akuntansi memungkinkan organisasi untuk melacak pengeluaran dan pendapatan mereka. Usaha kecil adalah pengguna Quickbooks yang paling umum. Sangat mudah untuk mengatur dan memelihara. Sebaliknya, bisnis yang lebih besar menggunakan SAP Business One atau Sage Accpac , yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dan konektivitas sistem. Sistem akuntansi yang ideal untuk perusahaan Anda ditentukan oleh ukuran dan kebutuhannya. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya Anda berbicara dengan akuntan Anda tentang kemungkinan Anda.
Sistem Pengendalian Persediaan
Sistem pengendalian persediaan digunakan untuk mengelola seluruh persediaan perusahaan. Ini secara akurat melacak produk, termasuk berapa banyak persediaan yang ada, memperbarui sistem ketika persediaan baru tiba serta kapan terjual, dan menyimpan catatan rinci. Untuk menjaga keseimbangan barang di gudang, memahami apa yang mereka miliki, dan memeriksa keuangan mereka, bisnis memerlukan sistem yang memadai dan terorganisir untuk mengelola inventaris mereka.
Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan
Sistem Manajemen hubungan pelanggan akan melacak interaksi pelanggan dengan Anda sejak Anda mendapatkan informasi tentang mereka. Ketika pelanggan menelepon untuk memesan produk atau layanan atau untuk meminta bantuan atau pertanyaan teknis, sistem Manajemen Hubungan Pelanggan akan memberi tahu perwakilan layanan kapan barang telah dikirim, apa yang dipesan kembali, dan diskusi sebelumnya yang pernah dilakukan pelanggan dengan Anda.