Pemanfaatan Virtual Reality (VR) Untuk Engineering, Edukasi dan Hiburan

Virtual reality
Created by omegacloud

Teknologi Virtual reality memungkinkan penggunanya dapat berinterkasi dengan lingkungan buatan yang terlihat seperti nyata seolah olah ada di depan mata, layaknya masuk dan berada di lingkungan tersebut. Jika mendengar virtual reality mungkin langsung teringat dengan game. Namun ternyata teknologi dari VR tidak hanya untuk game.

Berikut di bawah ini pemanfaatan virtual reality (VR) untuk Engineering, Edukasi dan hiburan.

Read More

Engineering atau Mendesain

Virtual Reality dapat digunakan untuk merancang mesin dan peralatan yang kompleks. VR adalah taman bermain yang sempurna dengan konsep awal untuk membangun dan mengimplementasikan mekanisme yang berbeda. Desain dapat dengan mudah dinilai untuk kesalahan, kelemahan struktural, dan masalah desain lainnya.

Konsep serupa sudah digunakan di Balfour Beatty Rail. Kontraktor infrastruktur kereta api ini mengintegrasikan kekuatan VR ke dalam proses desain. Ini mendukung tujuan perencanaan, pembuatan prototipe , dan konstruksi sambil membantu realisasi proyek!

Contoh lainnya adalah pada desain mobil. Mobil itu sendiri memiliki desain yang rumit. Ada banyak bagian penting yang terlibat dalam keseluruhan desain mobil yang paling sederhana sekalipun. Desain mobil dengan bantuan VR dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas desain mobil.

JLR Virtual Reality Center di Inggris memanfaatkan VR dan mengubahnya menjadi sebuah karya seni. Layanan ini menawarkan sistem semi-immersive dan CAVE dengan proyeksi dan pelacakan tingkat lanjut. Mungkin bagian terbesarnya adalah, pusat VR ini digunakan untuk merancang Land Rover generasi berikutnya.

Edukasi

Sejauh ini, ini adalah salah satu implementasi VR yang paling potensial. Dengan tersedianya VR, bidang ini sudah mulai mengadopsi teknologi baru. Keuntungan VR dibandingkan metode tradisional adalah memungkinkan interaksi satu sama lain dalam lingkungan virtual 3D sementara pendidik menyajikan data kompleks kepada semua siswa yang berpartisipasi dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan. Setiap siswa di kelas virtual dapat berinteraksi dengan objek dan menemukan lebih banyak tentang objek tersebut.

Potensi penggunaan VR lainnya adalah dalam bidang astronomi. Siswa dapat mempelajari lebih lanjut tentang tata surya dan metode kerjanya dengan terlibat dalam representasi virtual. Mereka juga bebas berinteraksi dengan objek untuk mempelajari lebih lanjut. Hal ini berhasil mengajarkan hal-hal seperti pergerakan planet, pelacakan perkembangan komet, dan kunjungan di sekitar bintang serta lingkungan paling ekstrem di kosmos. Visualisasi ini akan menunjukkan contoh praktis bagaimana konsep abstrak bekerja di dunia nyata.

Hiburan

Industri hiburan selalu menjadi salah satu pendukung VR yang paling antusias. Hiburan termasuk permainan. Namun poin kali ini adalah membahas bagian lain dari industri hiburan.

VR adalah cara paling efisien untuk melibatkan penonton ke dunia virtual. Sudah ada upaya untuk membawa VR ke dalam industri hiburan.

Misalnya museum virtual,  Ini adalah museum yang terletak di dunia virtual yang terbuka untuk dikunjungi kapan pun Anda mau. Hal ini menawarkan cara baru dalam berinteraksi dengan sejarah, pencapaian umat manusia dengan cara yang benar-benar baru dan menarik.

Tampaknya orang-orang lebih cenderung menikmati informasi, lebih memahami maknanya ketika mereka dapat berinteraksi dengan objek terkait. Secara tradisional, Anda tidak boleh menyentuh atau bahkan memotret benda atau monumen bersejarah!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *